Rabu, 10 Juli 2019

Ini Dia 5 Konglomerat Pemilik Perusahaan Besar di Indonesia



Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 ini dikabarkan sedang sulit didongkrak. Hal ini terungkap pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, 8 Juli 2019. Tingkat pertumbuhan ekonomi sampai akhir tahun ini sulit melebihi angka perkembangan 5,3 persen. Meskipun begitu, perusahaan besar di Indonesia masih terus berkembang. Bahkan kemajuannya mencuri perhatian.

Sebut saja perusahaan seperti PT Djarum, Sampoerna, Bank Central Asia (BCA), dan lainnya yang diketahuo memiliki angka laba bersih yang tinggi pada 2018 lalu. Di balik kesuksesan perusahaan besar di Indonesia, ada sosok sang pendiri perusahaan yang bekerja keras. Mereka semua adalah konglomerat di Indonesia. Bahkan, beberapa di antaranya masuk ke dalam catatan orang terkaya di dunia. Berikut kami jabarkan sosok-sosok keren dan inspiratif itu!


Michael Hartono


Michael Hartono adalah pemilik perusahaan rokok kretek terkenal di Indonesia, yakni merk Djarum. Perusahaan ini diwarisi sang ayah kepada Michael dan adiknya, Robert Hartono. Pabrik rokok Djarum sempat terbakar habis tak lama setelah Michael mewarisi perusahaan itu. Dia dan Robert pun berusaha bangkit dan menghidupkan usaha keluarganya.

Setelah Djarum kembali stabil, keluarga Hartono menjadi pemegang saham Bank Central Asia terbesar yakni mencapai 51 persen saham BCA. Keluarga Hartono juga meluaskan usaha ke industri perkebunan kelapa sawit dan properti. Total kekayaan Michael Hartono mencapai $35 miliar, menjadikannya orang terkaya pada 2018 lalu, dan berada di urutan ke-56 orang terkaya di dunia.

Susilo Wonowidjojo


Industri rokok nampaknya yang paling berpengaruh dan mampu dikuasai oleh perusahaan lama. Sama seperti Michael Hartono, Susilo juga merupakan tokoh besar di perusahaan rokok Indonesia. Dia mendirikan perusahaan rokok kretek Gudang Garam, di Kediri, Jawa Timur.

Gudang Garam sendiri pada tahun 2018 berhasil meraih angka penjualan hingga Rp 95,71 triliun. Kekayaan Susilo menjadikannya orang terkaya nomor dua di Indonesia tahun 2018, setelah Michael Hartono dengan total kekayaan $9,3 miliar.

Anthony Salim


Sulit rasanya jika memikirkan Indonesia tanpa perusahaan milik Anthony Salim. Sebab, Anthony adalah pemilik dari Indofood Group, grup perusahaan yang memproduksi makanan-makanan khas Indonesia, terkenal terutama dengan merk mie instan dan tepung terigu andalannya.

Dua perusahaan ini merupakan produsen mie instan dan tepung terigu terbesar di dunia. Anda mungkin sudah tahu bahwa produk-produk Indofood berhasil di-ekspor ke berbagai negara di luar negeri. Kekayaan Anthony Salim pada tahun 2018 mencapai $5,3 miliar dan menduduki posisi orang terkaya kelima di Indonesia pada tahun 2018.

Baca juga: Profesi yang Dibutuhkan di Perusahaan Besar di Indonesia

Chairul Tanjung


Konglomerat yang dikenal juga dengan julukan "Si Anak Singkong" ini merajai beberapa bidang sekaligus. Awalnya Chairul dikenal saat menjadi pendiri Trans Corporation, sebuah perusahaan media ternama. Trans Corp sendiri terdiri dari beberapa media massa, seperti saluran TV swasta Trans7, Trans TV, partner kerjasama untuk CNN Indonesia, CNBC Indonesia, kemudian media online seperi Detik.com. Serta meluaskan sayapnya ke bidang retail, properti, dan perbankan, seperti TransMart, The Trans Luxury Hotel, Bank Mega, dan masih banyak lagi lainnya.

Saat ini bisnis Chairul semakin menggila dan menguatkan perusahaan barunya di bidang properti, pariwisata, pusat perbelanjaan. Kekayaan Chairul di tahun 2018 mencapai $3,5 miliar dan menempati urutan ke tujuh orang terkaya di Indonesia.

Edwin Soeryadjaya


Di industri pemberdayaan sumber daya energi, ada nama Edwin Soeryadjaya yang merupakan anak dari pendiri Astra International, Willian Soeryadjaya. Edwin kini menjabat sebagai komisaris PT Adaro Energy, perusahaan produksi batu bara termal terbesar kedua di Indonesia. Dia juga menjadi ketua Yayasan Universitas Kristen Indonesia yang berlokasi di Jakarta. Hingga akhir tahun 2018, Edwin tercatat memiliki kekayaan $660 juta, dan menempatkan dirinya menjadi yang terkaya di Indonesia nomor 45.

Selain lima perusahaan besar di Indonesia di atas, ada juga 50 perusahaan lain yang wajib anda cek. Baca infonya di sini:
https://www.cekaja.com/info/intip-50-perusahaan-besar-di-indonesia-kamu-tertarik-bekerja-di-sini/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar