Rabu, 10 Juli 2019

Minum Jus Seledri Bisa Turunkan Berat Badan, Yuk Intip Cara Menanam Seledri Hidroponik Sendiri


Selain memberi banyak manfaat bagi tubuh, daun seledri juga bisa ditanam dengan mudah dengan sistem hidroponik loh. Terlebih, menanam dengan cara hidroponik menjadikan kualitas sayur seledri lebih baik, apalagi jika dibuat jus, karena manfaat minum jus seledri setiap hari bisa menyehatkan, mencegah, bahkan menyembuhkan penyakit kronis loh.

Tidak sulit untuk bisa menanam sayur seledri dengan cara hidroponik, bahkan hanya dengan lahan yang minim di rumah pun bisa loh. Tapi, tahukah Anda jika dahulu sayur seledri hanya bisa tumbuh di dataran tinggi san udara yang sejuk saja. Namun sekarang seledri juga bisa ditanam di dataran rendah juga, seperti di kota.

Meski begitu, tanaman seledri juga harus dikontrol dengan baik seperti, kebutuhan air, nutrisi dan faktor eksternal. Untuk itu, tanaman ini sangat cocok ditanam dalam media air, seperti di pipa, bak, atau dengan sistem rakit apung. Nah, untuk selanjutnya Anda bisa ikuti step berikut ini.

Menyiapkan bibit


Untuk bibit seledri bisa Anda dapatkan dengan cara penyemaian biji seledri. Biji atau biasanya disebut anakan ini bisa Anda dapatkan di toko atau pasar. Namun, Anda harus memeriksa dan memilih biji terbaik, bagus dan tidak cacat. Lalu Anda pisahkan anakan seledri dengan hati-hati agar tidak ada kerusakan akar yang bisa membuat kualitas tanaman saat telah mulai tumbuh. Untuk lebih jelasnya, cara berikut bisa Anda terapkan:

Baca Juga: Belum Dapat Pinjaman Modal Usaha di Jakarta? Ini Jalan Keluarnya!

1. Pertama Anda harus menyiapkan biji seledri yang bisa Anda beli dari toko pertanian atau toko bibit-bibit tanaman.

2. Siapkan baskom dan isi dengan air.

3. Rendam biji seledri, kira-kira selama 1 jam.

4. Setelah direndam, pilah lagi biji seledri dan buang biji yang mengambang, sisanya bisa Anda lanjut gunakan sebagai bibit tanam.

5. Siapkan tempat atau netpot yang telah diisi sumbu kain flanel dan tambahkan arang sekam ke dalam netpot lalu basahi dengan air.

6. Dalam netpot bisa diisi 3 hingga 5 biji, karena jika terlalu banyak, seledri akan tumbuh menumpuk.

7. Nah, setelah penyemaian selesai, Anda tinggal tunggu daun sejati muncul. Nah disitulah tanda tanaman sudah dapat diberikan nutrisi.

Itulah cara bagaimana Anda bisa mendapatkan anakan dari penyemaian. Selanjutnya, Anda bisa ikuti tahap cara menanam seledri, berikut ini:

Cara Menanam Seledri


Pada tahap ini Anda perlu alat tandon nutrisi, pipa paralon, toples, botol bekas, atau ember . Untuk artikel kali ini digunakan pipa paralon yang lebih kokoh.

1. Mula-mula lubangi pipa paralon untuk meletakkan netpot.

2. Tutuplah kedua ujung pipa dengan penutup atau styrofoam agar nutrisi tidak tumpah.

3. Larutkan nutrisi AB mix sebanyak 5 ml ke dalam 1 liter air bersih.

4. Isi paralon dengan larutan nutrisi sebesar 1269-1680 ppm dengan PH 6,5.

5. Letakkan netpot yang berisi benih ke dalam lubang paralon.

6. Rapikan paralon dalam rak.

7. Buat naungan agar terhindar dari paparan matahari langsung.

8. Setelah kira-kira seminggu, mulailah perkenalan sinar matahari secara bertahap.

Tidak cukup di situ, Anda juga harus melakukan perawatan dan pemeliharaan tanaman seledri hingga tanaman siap untuk dipanen.

Anda bisa cek keadaan paralon setiap hari, jika nutri berkurang, Anda bisa menambahkannya. Lalu, Anda juga selalu memeriksa apakah tanaman Anda dihinggapi hama, jika ada, Anda bisa membasmi dengan cara memungutnya langsung tanpa menggunakan pembasmi dari bahan kimia.

Pemanenan Seledri



Masa tanam tanaman seledri biasa 1 hingga 1,5 bulan. Anda juga bisa melakukan pemanenan yang bisa dapat diulang setiap 5-6 hari sekali. Cara pemanennya sangat mudah, yakni hanya dengan menyabutnya dari netpot. Anda juga harus membersihkan kembali netpot agar bisa digunakan kembali.

Itu dia cara menanam seledri dengan cara hidroponik. Selanjutnya, Anda bisa gunakan hasil panen seledri untuk dijual atau dikonsumsi sendiri dan dibuat jus untuk kesehatan. Meski terdengar aneh, minus jus seledri sangat bermanfaat loh. Anda bisa mengolahnya dengan cara yang disuka, seperti jus seledri yang ditambahkan dengan mayonaise, madu dan bahan lainnya.



Buat Anda yang belum tahu apa saja manfaat dari minum jus seledri setiap hari, Anda bisa baca artikel selengkapnya di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/tantangan-minum-jus-seledri-berani-coba/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar